Beranda | Artikel
Menegur Kesalahan Anak
Selasa, 14 Maret 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary

Menegur Kesalahan Anak merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary dalam pembahasan Mendidik Anak Tanpa Amarah. Kajian ini disampaikan pada Selasa, 15 Sya’ban 1444 H / 7 Maret 2023 M.

Menegur Kesalahan Anak

Pada pembahasan yang lampau kita telah membicarakan beberapa sikap yang keliru dan salah dari orang tua dalam memberikan teguran kepada anak-anaknya. Di antaranya adalah mengutuk. Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam telah menafikan sifat ini dari Mukmin.

لَيْسَ الْمُؤْمِنُ بِالطَّعَّانِ

“Seorang Mukmin itu bukanlah orang banyak mengejek dan banyak mengutuk.” (HR. Tirmidzi, Ahmad dan yang lainnya)

Jadi nilai sifat yang Nabi nafikan dari seorang Mukmin. Mukmin tidak boleh suka mengejek, suka memburuk-burukkan, atau suka melaknat dan mengutuk. Terlebih lagi yang menjadi sasaran kutukan adalah anak sendiri. Kadang-kadang ini muncul ketika sedang marah. Maka muncullah ucapan-ucapan yang tidak baik.

Kadang-kadang kata-kata itu bermuatan doa. Yang mana bisa saja hal itu terkabulkan. Misalnya seseorang mengatakan kepada si anak “anak durhaka.”

Bagaimanapun buruknya kelakuan atau kesalahan yang dilakukannya, tidak selayaknya kita memanggil/menyebut/mengucapkan kata-kata itu kepadanya.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajiannya.

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52790-menegur-kesalahan-anak/